Penyakit Wasir, Gejala, Penyebab, Dan Cara Mengobatinya

Penyakit wasir atau bahasa medis disebut hemorrhoid biasanya disebabkan oleh peningkatan tekanan karena kehamilan, kelebihan berat badan, atau mengejan saat buang air besar. Pada usia paruh baya, wasir sering menjadi keluhan yang berkelanjutan. Di usia 50 tahun, setengah diantara mereka mengalami satu atau lebih gejala klasik, yang meliputi nyeri dubur, gatal, perdarahan, dan mungkin prolaps (wasir yang menonjol melalui lubang anus). Meskipun penyakit wasir tidak terlalu berbahaya, namun dapat menjadi intrusi berulang dan menyakitkan. Untungnya, ada banyak hal yang bisa kita lakukan terhadap wasir.

Apa Itu Wasir?

wasirDi satu sisi, setiap orang memiliki hemoroid (atau tumpukan), gugusan vena mirip bantal yang terletak tepat di bawah membran mukosa yang melapisi bagian terendah rektum dan anus. Kondisi yang kebanyakan dari kita sebut penyakit wasir (atau tumpukan) berkembang ketika vena menjadi bengkak dan buncit, seperti varises di kaki. Karena pembuluh darah yang terkait harus terus-menerus bekerja melawan gravitasi agar darah dapat kembali ke jantung.

Ada dua jenis wasir: yang internal, yang terjadi di rektum bawah, dan wasir eksternal, yang berkembang di bawah kulit di sekitar anus. Wasir eksternal adalah yang paling tidak nyaman, karena kulit atasnya menjadi iritasi dan mengikis. Jika gumpalan darah terbentuk di dalam wasir eksternal, rasa sakitnya bisa mendadak dan parah. Anda mungkin merasakan atau melihat benjolan di sekitar anus. Bekuan biasanya larut, meninggalkan kulit berlebih (tanda kulit), yang mungkin gatal atau menjadi iritasi.

Wasir internal biasanya tidak menimbulkan rasa sakit, bahkan ketika mereka menghasilkan perdarahan. Anda mungkin, misalnya, melihat darah merah cerah di kertas toilet atau menetes ke toilet. Wasir internal juga bisa mengalami prolaps atau keluar menonjol melebihi anus, inilah yang menyebabkan beberapa masalah potensial. Ketika wasir menonjol, maka kemungkinan besar dapat terkontaminasi dengan partikel kotoran mikroskopis yang dapat menyebabkan iritasi yang disebut pruritus ani. Menggaruk wasir secara terus-menerus dapat memperburuk masalah.

Penyebab Wasir

Para ahli dibagi tentang apa yang menyebabkan wasir, tetapi mungkin beberapa mekanisme sedang bekerja. Secara tradisional, wasir dikaitkan dengan konstipasi kronis, mengejan saat buang air besar, dan duduk lama di toilet – semua yang mengganggu aliran darah ke dan dari daerah, menyebabkannya menggenang dan memperbesar pembuluh. Ini juga menjelaskan mengapa wasir umum terjadi selama kehamilan, ketika rahim yang membesar menekan vena.

Studi yang lebih baru menunjukkan bahwa pasien dengan wasir cenderung memiliki nada kanal anal mulut yang lebih tinggi – yaitu, otot polos dari lubang anus cenderung lebih ketat daripada rata-rata. Susah buang air besar / sembelit dapat memperburuk keadaan, karena mengejan saat buang air besar dapat meningkatkan tekanan di saluran anus. Akhirnya, jaringan ikat yang mendukung dan menahan wasir di tempat dapat melemah seiring bertambahnya usia, menyebabkan penyakit wasir membengkak dan prolaps.

Cara Mengobati Wasir Yang Dapat Dilakukan Di Rumah

Wasir merupakan penyakit tahunan yang memerlukan perawatan khusus, jika tidak, maka anda sama saja dengan membiarkan penyakit wasir bertambah parah. Berikut ada beberapa cara mengobati wasir sederhana yang dapat dilakukan dirumah:

Mengkonsumsi Banyak Serat

Tambahkan lebih banyak serat untuk diet Anda dari makanan, suplemen serat. Perbanyak juga minum cairan, serat melembutkan tinja dan membuatnya lebih mudah keluar, sehingga mengurangi tekanan pada wasir. Makanan berserat tinggi termasuk brokoli, kacang-kacangan, gandum dan buah segar. Beberapa suplemen yang tinggi serat juga dapat membantu mengurangi peradangan, pendarahan, dan pembesaran. Selain itu, serat dapat mengurangi iritasi yang disebabkan oleh kotoran yang terjebak di sekitar pembuluh darah. Beberapa orang menemukan bahwa serat penguat menyebabkan kembung atau gas. Secara bertahap, tingkatkan asupan serat Anda hingga 25-30 gram serat per hari. Juga, termasuk memperbanyak konsumsi air putih.

Olahraga

Olahraga aerobik seperti jalan cepat 20-30 menit sehari, dapat membantu menstimulasi fungsi usus.

Tidak Menunda BAB

Ketika ada hasrat untuk buang air besar, segera ke kamar mandi, jangan menunda nunda. Kotoran dapat kembali ke atas, sehingga meningkatkan tekanan dan ketegangan. Juga, jadwalkan waktu yang ditetapkan setiap hari, seperti setelah makan, untuk duduk di toilet selama beberapa menit. Ini dapat membantu Anda membentuk kebiasaan buang air besar yang teratur.

Mandi Air Hangat

Merupakan cara mengobati wasir yang menyenangkan. Mandi air hangat dapat meredakan gatal, iritasi, dan kejang otot sfingter. Kebanyakan ahli merekomendasikan mandi air hangat 20 menit setelah setiap gerakan usus dan dua atau tiga kali sehari sebagai tambahan. Penyebab Dan Gejala Maag Kronis

Mengobati Pembekuan Darah Pada Anus

Ketika penyakit wasir eksternal membentuk gumpalan darah, rasa sakit bisa menyiksa. Jika rasa sakit dapat ditoleransi dan bekuan sudah ada lebih dari dua hari, lakukan perawatan rumahan untuk gejala-gejala sambil menunggu hilang dengan sendirinya. Jika bekuan lebih baru, wasir dapat diangkat dengan operasi atau bekuan ditarik dari vena dalam prosedur kantor minor yang dilakukan oleh ahli bedah.

Posted by: https://hargaqncjellygamatweb.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s